Perangkat Keras Komputer

PERANGKAT KERAS KOMPUTER (HARDWARE)


Perangkat keras komputer (computer hardware) adalah komponen-komponen fisik bersifat dapat dilihat, diraba, dan berbentuk nyata yang membentuk satu kesatuan sistem Personal Computer (PC). Fungsi dari perangkat-perangkat ini sangat beragam, diantaranya sebagai alat input, alat output, perangkat pemroses data, dan juga sebagai alat tambahan/asesoris dengan beragam fungsi tambahan yang tidak selalu ada di semua sistem PC.

A. Perangkat Masukan (Input Device) 

Perangkat masukan adalah semua komponen komputer yang berfungsi untuk memberikan masukan baik berupa data atau perintah kepada komputer.

1. Keyboard adalah komponen komputer berupa papan ketik. Keyboard memegang peranan penting juga terhadap kinerja sebuah komputer atau laptop. Apabila sebuah komputer tidak memiliki keyboard, maka perintah pemasukkan datapun tidak dapat dilakukan. Sebenarnya bisa dengan bantuan mouse, tetapi tidak semua perintah masukkan bisa dengan bantuan mouse. Fungsi dari sebuah keyboard adalah untuk memberikan perintah kepada komputer untuk melaksanakan pengolahan data menggunakan perangkat lunak.

2. Mouse adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menunjukkan titik-titik pada layar monitor dalam tampilan mode grafis. Fungsi mouse komputer adalah mengatur pergerakan kursor secara cepat, selain itu juga untuk memberikan suatu perintah dengan hanya menekan tombol pada mouse komputer. Di dalam perangkat mouse ini, terdapat sebuah bola kecil yang akan menangkap pergerakan mouse dan mentransfer sinyal listrik ke perangkat pemroses (CPU). Dengan demikian, mouse komputer dapat secara cepat melakukan kinerjanya sebagai perangkat masukan


3. Microfon adalah alat yang digunakan untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik. Alat ini memerlukan perangkat lain yang disebut kartu suara (sound card). Fungsi mikrofon komputer yaitu untuk memasukkan suara ke dalam komputer, baik berbicara langsung pada mikrofon maupun dengan cara merekam suara.
  
4. Kamera Digital adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah objek 3 dimensi menjadi data digital. Contohnya webcam dan handycam.

5. Scanner adalah perangkat komputer yang berfungsi mengubah objek 2 dimensi (berupa gambar/lukisan/foto) menjadi data digital. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar.

6. Game controller adalah perangkat komputer yang digunakan untuk menggerakkan (mengontrol) objek pada permainan dalam komputer. contohnya joystick.


B. Perangkat Pemroses (Processing Device)


1. Motherboard atau mainboard adalah papan rangkaian tercetak tempat meletakkan dan menghubungkan semua komponen atau perangkat keras komputer. Fungsinya untuk menghubungkan seluruh komponen PC. Perangkat keras komputer lain semuanya melekat langsung pada slot motherboard atau setidaknya terhubung menggunakan kabel.

2. Processor adalah komponen elektronik yang  berupa IC yang dapat melakukan operasi aritmetika dan logika dengan sangat cepat dan juga merupakan otak dari komputer yang bertugas melaksanakan semua operasi perhitungan atau pengolahan data.

3. Memori adalah komponen elektronik untuk menyimpan data yang berupa sinyal listrik digital. Memori ada dua macam yaitu ROM (Random Only Memori) adalah yang hanya dapat dibaca, data hanya dapat dimasukkan satu kali selanjutnya tidak dapat diubah dan RAM (Random Access Memori) adalah memori yang dapat dibaca secara acak, data di dalam RAM dapat diubah atau diganti


4. VGA Card  atau kartu grafis berfungsi sebagai penghubung yang memungkinkan pengiriman data-data grafis antara PC dan perangkat display seperti monitor atau proyektor. Sebagian besar komputer memiliki VGA yang terpisah sebagai kartu ekspansi yang dipasang pada slot motherboard. Namun ada juga komputer yang mempunyai VGA terintegrasi pada motherboard atau pada CPU-nya.


5. Power Supply berfungsi sebagai pengkonversi dan penyalur energi listrik dari outlet sumber (misalnya listrik PLN) ke bentuk energi listrik yang dapat digunakan untuk menjalankan komponen komputer yang berada di dalam casing. Biasanya, PSU ini diletakkan di bagian belakang casing.

6. Sound Card (Kartu suara) fungsinya sebagai penghubung antara komputer dan alat output audio seperti speaker


7. Modem berfungsi untuk menghubungkan komputer ke internet. modem dibagi menjadi 2 yaitu modem internal dan eksternal. Modem internal adalah modem yang berada di dalam komputer atau terancap pada slot motherboard komputer, sedangkan modem eksternal adalah modem yang berada di luar komputer yang terhubung melalui kabel serial atau USB.

 

C. PERANGKAT KELUARAN (OUTPUT DEVICE)

1. Monitor adalah perangkat komputer yang berfungsi menampilkan proses atau hasil operasi yang dijalankan oleh CPU sehingga dapat diamati oleh pengguna.

2. Printer adalah perangkat komputer yang digunakan untuk mencetak data ke media kertas.





Komentar

Postingan populer dari blog ini